Sejarah Mobil Lexus Generasi 1

Lexus merupakan brand asal Jepang yang khusus memproduksi mobil-mobil premium dengan harga yang luar biasa.

Lexus pertama kali diperkenalkan tahun 1989 di Amerika Serikat dan sekarang menjadi merk dengan penjualan mobil mewah terbesar di Jepang.

Pada 2006, Lexus dijual di 70 negara di seluruh dunia. Kantor pusat Lexus berada di Toyota, Aichi, Jepang.

Namun, belum banyak orang yang mengetahui tentang bagaimana Lexus pertama kali dibuat dan siapa pembuatnya.

Nah, untuk kalian pecinta otomotif yang penasaran dengan generasi pertama dari mobil ini, yuk simak sejarahnya di bawah.

Sejarah Mobil Lexus

Pada 1983, chairman Toyota, Eiji Toyoda memulai sebuah proyek yang dinamakan “Kendaraan Andalan Nomor Wahid” atau juga dikenal sebagai “Circle-F” proyek, dengan tujuan untuk memproduksi mobil sedan mewah kelas dunia untuk pasar internasional.

Untuk menyelesaikan proyek ini, para teknisi dan pekerjanya tidak mendapatkan tenggat waktu serta budget yang jelas.

Hal ini dikarenakan mereka ingin proyek ini menghasilkan suatu produk yang baru dan tidak menggunakan bagian-bagian manapun platform dari Toyota. Namun, biaya akhir untuk pembangunan proyek ini melebihi US$ 1 Milyar.

Proyek ini terutama bersaing dengan merk mewah tradisional Jerman seperti Audi, BMW, Jaguar, dan Mercedes-Benz.

Mobil Lexus ini di desain untuk bisa bersaing di pasar mobil mewah yang sekelas dengan Amerika dan Eropa.

Karena itu, pembaharuan di segi kecepatan, aerodinamika, kesenyapan kabin, dan efisiensi bahan bakar pun dilakukan dalam proyek ini.

Mobil bisa menempuh kecepatan hingga 250 km per jam dan memiliki kabin yang lebih senyap dari pada yang lain.

Sebanyak 450 prototype kendaraan dan 900 protipe mesin dilakukan demi menunjang performa dari pembuatan mobil Lexus generasi pertama ini.

Lalu, untuk menguji kedinamisannya di berbagai cuaca, sebanyak 2,7 juta kilometer lintasan telah ditempuhnya, mulai dari jalan di musim salju ke pergurunan di Arizona, Australia, Amerika, dan Arab Saudi.

Mobil Lexus ini kemudian mulai dikenal dengan Lexus LS400 dengan kode platform UCF10. Didesain oleh Kunihiro Uchida, LS 400 ini memiliki panjang 4.996 mm dan lebar 1.821 – 1.829 mm. berat kosong mobilnya berkisar antara 1.705 – 1.750 kg.

Pada Januari 1989, mobil Lexus LS 400 memulai debutnya di Amerika Serikat. Penjualan dimulai pada September 1989 dan diekspor ke Australia, Canada, Inggris.

Sedangkan untuk penjualan di Jepang, mobil ini lebih dikenal dengan nama Toyota Celsior. Dibandingkan dengan produk mobil Lexus generasi pertama, mobil Lexus generasi terbaru menawarkan berbagai kecanggihan dan kenyamanan.

Tidak hanya mobil berjenis Sedan, namun juga mobil berjenis SUV dan hybrid. Modernitas dan teknologi menjadi tema dalam kemewahan yang dimiliki mobil-mobil produksi Lexus.

Lexus baru resmi di pasarkan di Indonesia pada tahun 2007. Pada saat itu, Lexus hanya menempati peringkat keenam dengan total penjualan 46 unit.

Namun di tahun berikutnya Lexus sudah berhasil menyodok ke peringkat tiga dengan penjualan sebanyak 241 unit. Pada tahun 2009 penjualan turun menjadi 235 unit namun pada 2010 naik lagi menjadi 309 unit.

Itulah bagaimana perkembangan sejarah mobil mewah Lexus pada generasi pertamanya. Tentu saja, kesuksesan Lexus sekarang juga membutuhkan banyak usaha dari pabrikannya agar bisa menghasilkan mobil kualitas terbaik untuk para pembelinya.

Nah, setelah mengetahui kualitas serta perjuangan Lexus, apakah kalian tertarik untuk membelinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *